-->

search blog/ web

MITOS SEPUTAR KEHAMILAN

MITOS SEPUTAR KEHAMILAN

Selama masa kehamilan, tak jarang banyak anjuran maupun masukan dari orang terdekat seputar mitos kehamilan yang membuat Ibu hamil jadi bingung sendiri. Bagaimanakah fakta sebenarnya ? Berikut adalah ulasan fakta ataupun mitos seputar kehamilan.

- mitos : jika mengidam atau menginginkan sesuatu tidak kesampaian anak yang dilahirkan akan ileran.
faktanya : tidak ada hubungan antara mengidam dan anak yang ileran. Hingga saat ini, belum ada bukti secara klinis yang menemukan kaitan antara mengidam dengan kondisi kesehatan janin

- mitos : sering minum es menyebabkan bayi besar
faktanya : bayi besar bukan disebabkan moms sering mengkonsumsi es, tapi ketika moms mengkonsumsi es ini bersama sirup atau gula, karbohidrat yang terkandung di dalamnya dapat membuat bobot bayi di atas bobot bayi normal.

- mitos : minum air rebusan kacang hijau akan melebatkan rambut bayi.
faktanya : lebat atau tidaknya rambut bayi ditentukan karena adanya faktor genetis, bukan ditentukanoleh minuman ataupun makananyang dikonsumsi moms selama hamil

- mitos : air kelapa mempercepat persalinan
faktanya : mitos ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah

- mitos : makan duren, nanas dan tape berbahaya bagi kandungan
faktanya : Makan makanan tersebut memang sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Duren dan tape membuat tubuh menjadi panas, sedangkan nanas mengakibatkan keguguran. Mengkonsumsinya dapat menyebabkan pendarahan sampai keguguran terutama pada hamil muda.

- mitos : makan daging kambing dapat membahayakan janin
faktanya : daging kambing memiliki kadar lemak jenuh tinggi yang akan mempengaruhi metabolisme asam urat. Kelebihan kolesterol dan sakit jantung bisa diderita bila "bumil" menyantap daging kambing dengan porsi yang banyak atau sering.

- mitos : meminum susu kacang kedelai membuat kulit bayi berwarna putih
faktanya : warna kulit bayi dipengaruhi oleh faktor genetik kedua orang tuanya, bukan diakibatkan seringnya minum susu kedelai.

- mitos : daun kemangi membuat ari-ari lengket
faktanya : daun kemangi tidak membuat ari-ari lengket

- mitos : memotong dan menjahit baju membuat bibir sumbing
faktanya : tidak benar, bibir sumbing biasanya terjadi karena pengaruh obat-obatan yang diminum ibu saat hamil, efek radiasi, atau faktor genetik.




Artikel yang Anda Cari:

0 komentar:

ARTIKEL TERPOPULER

Join here

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More