-->

search blog/ web

KOLAGEN

Halo pembaca web Bunda dan Anak yang budiman,, kali ini admin akan membahas artikel tentang Kolagen. Nah,, pernah dengar dong kata "Kolagen", tapi masih belum sepenuhnya tahu apa itu kolagen. 
Langsung aja baca informasi dibawah ini, agar kamu gak dibilang kuper alias kurang pergaulan....ho..ho.
 
Apa itu kolagen ?? mungkin anda sering mendengar atau sudah tidak asing lagi dengan kata - kata kolagen. Kolagen merupakan salah satu protein yang terdapat dalam tubuh kita. Kolagen banyak ditemukan pada jaringan ikat, Seperti kulit, ligamen dan tendon. Bagian tubuh lain yang juga terdapat kolagen antara lain tulang, pembuluh darah, kornea mata dan usus.
Sekitar 25% - 30% dari semua protein ditubuh dibuat dari kolagen, yang ditemukan pada jaringan konektif seperti tulang rawan dan tendon. Mungkin karena kental, kolagen sering disebut lem yang menyatukan tubuh menjadi satu. 

Apa jadinya Jika tubuh kekurangan Kollagen???

>> Kulit
Kulit yang kekurangan kolagen akan terlihat kering, mengelupas, memar, dan kusam. Bahkan jika terjadi luka pada kulit akan mengalami penyembuhan yang lambat. Selain itu, kulit juga cepat mengalami pigmentasi serta pembuluh darah menonjol.
 
>> Kuku
Kekurangan kolagen juga berdampak buruk pada keindahan kuku. Kuku mudah rapuh serta terdapat bintik putih pada kuku. Nah kamu tentu pernah mengalami hal ini, di dalam kuku terlihat seperti ada gumpalan putih. 
>> Mata
Mata juga akan berdampak buruk jika kekurangan kolagen seperti lingkaran hitam dibawah mata. Ternyata penyebab Lingkaran mata hitam atau sering disebut "mata panda" bukan karena faktor susah tidur saja, tetapi juga bisa disebabkan karena kekurangan kolagen. Hal yang penting lainnya jika kekurangan kolagen dapat menyebabkan timbulnya gumpalan lemak kecil berwarna kuning dibagian putih mata serta mengalami gangguan penglihatan di malam hari dan juga sudut mata tampak pembuluh darah merah.
>> Gusi
Penyebab Gusi berdarah, karang gigi, gusi mengendur sehingga akar gigi telihat salah  satunya karena kekurangan kolagen.
>> Rambut
Rambut akan terlihat kusam jika kekurangan kolagen di dalam tubuh, juga mudah mengalami kerontokan, berketombe, dan ujung rambut bercabang. Pertumbuhan rambut yang lambat, serta terjadinya radang pada kulit kepala dikarenakan kekurangan kolagen.
>> Saraf Otak
Kekurangan kolagen dapat berpengaruh terhadap saraf otak sehingga dapat mengganggu konsentrasi otak dan mudah lupa.
>> Tulang 
Kolagen memiliki fungsi yang hampir sama pentingnya dengan kalsium pada tulang. Sebab, kolagen berfungsi sebagai lem perekat agar tulang bisa menyatu dengan sendi. Selain itu, struktur tulang bisa tercipta karena terjadi gabungan antara kolagen dan mineral yang bernama hydroxyapatite.
Keduanya ini bekerja dalam tubuh agar struktur, fleksibiltas dan kekuatan dari tulang bisa membuat tubuh menjadi lebih baik. Agar kesehatan tulang bisa terjaga dengan baik sampai usia tua, maka jika kekurangan kolagen dapat menyebabkan osteoporosis dan nyeri pada tulang.
>> Otot
Pada otot terdapat serat kolagen yang bukan hanya ditemukan di otot rangka, namun juga ditemukan pada otot polos yang berada di saluran kemih dan organ reproduksi, serta otot jantung. Dan serat kolagen ini mempunyai fungsi untuk memperkuat otot dan strukturnya agar kelangsungan otot dapat terjaga setiap harinya. Tapi jika seseorang kekurangan kolagen, maka yang terjadi adalah bisa mengalami nyeri punggung, bahu kesemutan, menghambat daerah refleks, kontraksi otot sangat minim, hingga kehilangan energi.
>> Pembuluh Darah
Fungsi kolagen pada pembuluh darah adalah untuk pembentukan dinding pembuluh darah vena, arteri dan kapiler. Fungsi kolagen lainya yaitu untuk kepentingan aliran darah agar dapat tersebar ke seluruh tubuh secara baik. Adapun yang dilakukan oleh kolagen seperti membantu memperkuat pembuluh darah, menjaga struktur dan kelenturan pembuluh darah.
>> Sistem Imun
Kolagen memiliki fungsi yang penting terhadap sistem imun tubuh. Bahkan ketika mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen, maka fungsi kekebalan tubuh akan naik secara keseluruhan lebih dari 100 kali. Namun jika kekurangan kolagen, maka bisa menyebabkan kekebalan tubuh menjadi menurun hingga infeksi sangat mudah terjadi.
>> Sistem Pencernaan
Fungsi kolagen terhadap sistem pencernaan memang sangat penting. Bahkan, ketika seseorang kekurangan kolagen saja, hal ini bisa mengganggu kinerja dari sistem pencernaan ini. Gangguan itu diantaranya perut terasa kembung, minimnya penyerapan sekresi, hingga bisa mengalami diabetes.   
>>Sistem Endoktrin
Kolagen memiliki fungsi terhadap sistem endoktrin. Karena fungsinya begitu penting, maka jika seseorang kekurangan kolagen pada sistem endoktrin akan menyebabkan gangguan pada menstruasi, payudara mengalami kekenduran hingga bisa menyebabkan kanker payudara. Adapun  pada pria, akan mengalami impotensi, ejakulasi dini, dan kejantanan semakin berkurang.

Sumber Kolagen

Sumber kolagen cukup banyak di sekitar kita ada yang bersumber dari makanan, buah, dan sayuran, namun secara garis besar kolagen berasal dari buah buahan.
  • Buah -  Buahan seperti Strawberry, Blueberry,Blackberry, tomat dan jambu merah, Pear, Apel, Buah peach, Manggis, Pisang, Buah plum, Buah aprikot , Delima, Anggur, Buah Langsat, Sawo, Buah Durian, Mangga, Buah Cermai, Nanas, Lemon, Buah Jeruk, Pepaya, Leci, Kiwi, Jambu Biji merupakan beberapa buah yang mengandung prolin tinggi serta mengandung vitamin C. Prolin sangat berperan dalam pembentukan kolagen alami untuk kecantikan dan keremajaan kulit.
  • Sayuran Sayuran seperti bayam, asparagus, dan kacang-kacangan kaya akan anti oksidan sehingga dapat menangkal enzim yang merusak kolagen alami dalam tubuh. Asparagus juga kaya akan prolin yang menghasilkan kolagen tingggi.
  • Ikan Laut Salah satu protein pembentuk kolagen alami untuk peremajaan dan kecantikan kulit adalah lisin. Protein lisin dapat didapatkan dengan mengkonsumsi beberapa jenis ikan laut seperti tuna, sarden, tuna dan trout.
  • Putih Telur dan Susu Sama seperti ikan laut, Putih telur, susu dan jenis olahan dari susu seperti keju dan yoghurt merupakan sumber protein hewani dengan kandungan lisin yang tinggi. Dengan rajin mengkonsumsi putih telur, susu dan olahannya dapat memenuhi kebutuhan kolagen untuk peremajaan dan kecantikan kulit.
  • Gandum Gandum juga dapat diproses oleh tubuh menajdi sumber kolagen tinggi untuk peremajaan dan kecantikan kulit. Selain sebagai sumber kolagen tinggi, gandum juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan memperlancar pencernaan.
  • Daging Protein yang terkandung dalam daging adalah protein lengkap dengan semua asam amino esensial bagi tubuh. Ini termasuk produksi kolagen. Makan daging seperti ayam, daging sapi, kalkun, ikan, rusa sebagai sumber utama protein.
Nah kolagen ini sangat penting untuk tubuh dengan konsumsi kolagen yang cukup maka tubuh akan mendapatkan treatment otomatis, terutama untuk kulit.
  


Artikel yang Anda Cari:

0 komentar:

ARTIKEL TERPOPULER

Join here

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More