-->

search blog/ web

MAKANAN UNTUK IBU MENYUSUI

Seorang ibu harus berhati-hati tentang banyak hal, mulai dari kehamilan hingga menyusui bayi mereka. Sebabnya, makanan yang ibu makan memiliki dampak besar pada bayi, tidak hanya selama kehamilan, tetapi juga selama menyusui.

Pilihlah makanan yang terbaik untuk menyusui bayi Anda. Terbaik bukan berarti harus yang mahal, yang terpenting adalah harus bernutrisi tinggi dan sesuai untuk perkembangan bayi pada masa awal golden age ini. Artikel ini akan membahas macam makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui dan makanan yang harus dihindari oleh ibu meyusui.

ASI mengandung berbagai nutrisi penting untuk perkembangan bayi yang beberapa macam nutrisi ini sulit didapatkan selain dari ASI. Perkembangan bayi pada masa awal ini adalah pondasi untuk perkembangan berikutnya kelak.  Selain itu ASI juga sangat menyehatkan bagi bayi, sangat baik untuk meningkatkan imunitas bayi terhadap berbagai gangguan kesehatan. Sedangkan bagi sang ibu yang menyusui sendiri, memberikan ASI juga memiliki dampak positif, yaitu bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium.

Jenis makanan yang disarankan untuk Ibu meyusui
  • Ikan salmon
Tidak ada satu jenis makanan yang sempurna. Tapi salmon paling mendekati. Salah satu makanan terbaik untuk ibu menyusui, salmon, seperti ikan berlemak lainnya, sarat dengan jenis lemak yang disebut DHA. DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi Anda. Semua ASI mengandung DHA, tetapi tingkat nutrisi penting ini lebih tinggi dalam ASI wanita yang mendapatkan DHA tambahan dari makanan mereka.
DHA dalam ikan salmon juga dapat membantu mood Anda, sehingga mengurangi resiko terkena baby blues.
  •  Produk susu rendah lemak
Yoghurt, susu, atau keju, yang manapun anda sukai tidak masalah, produk susu adalah bagian penting dari menyusui sehat. Selain menyediakan protein, vitamin B, dan vitamin D, produk susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Jika Anda menyusui, susu yang sarat dengan kalsium untuk membantu tulang bayi Anda berkembang, sehingga penting bagi Anda untuk makan kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda sendiri. Salah satu cara untuk melakukannya adalah untuk menyertakan setidaknya tiga cangkir susu setiap hari sebagai bagian dari menu makanan Anda.

  • Daging sapi tanpa lemak
Bila Anda sedang mencari makanan untuk meningkatkan energi Anda sebagai ibu baru, carilah makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak. Kekurangan zat besi dapat menguras tingkat energi Anda, sehingga sulit bagi Anda untuk bersaing dengan tuntutan bayi yang baru lahir.
Juga, ketika Anda menyusui, Anda perlu makan protein tambahan dan vitamin B-12. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik untuk keduanya.
  • Kacang - Kacangan
Kacang-kacangan, terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah, adalah makanan untuk ibu menyusui yang sangat bermanfaat, terutama untuk vegetarian. Bukan saja mereka kaya akan zat besi tapi juga kaya akan protein berkualitas non-hewani, dengan harga yang tidak menguras kantong
  • Blueberry

Ibu menyusui harus mendapatkan dua atau lebih porsi buah atau jus setiap hari. Bluberi, kaya akan antioksidan, adalah pilihan yang sangat baik untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan Anda. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral dan karbohidrat dalam dosis yang sehat untuk menjaga tingkat energi Anda.
  • Beras coklat atau beras merah

Jika Anda ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan, anda pasti akan mengurangi asupan karbohidrat Anda. Tapi kehilangan berat badan terlalu cepat menyebabkan Anda menghasilkan lebih sedikit ASI dan membuat Anda merasa lesu. Makanlah jenis karbohidrat yang sehat seperti beras coklat / beras merah atau roti gandum untuk menjaga tingkat energi anda.
  • Jeruk

Mudah ditemukan dimana-mana dan bergizi, jeruk sangat penting karena ibu menyusui membutuhkan vitamin C dosis tinggi, bahkan lebih banyak daripada ibu hamil. Tidak dapat menemukan waktu untuk duduk untuk mengupas jeruk? Minum jus jeruk memberikan manfaat yang sama. Beberapa jus jeruk yang dijual di supermarket sekarang bahkan telah diperkaya dengan kalsium, sehingga anda dapat memperoleh manfaat ganda.
  • Telur

Kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D – nutrisi penting untuk menjaga tulang Anda kuat dan membantu tulang bayi Anda tumbuh. Selain itu telur adalah cara mudah untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Siapkan telur dadar untuk sarapan dengan roti gandum, atau tambahkan telur rebus pada soto anda saat makan siang.
  • Roti gandum (whole wheat bread)

Asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi Anda pada tahap awal kehamilan. Selain itu, asam folat juga penting bagi bayi. Pastikan dalam ASI Anda mengandung cukup asam folat. Salah satu sumber terbaik dari asam folat adalah roti gandum, yang juga dapat menyumbangkan kebutuhan serat dan zat besi Anda.
  • Sayuran berwarna hijau

Banyak manfaat sayuran berwarna hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli. Mereka sangat kaya dengan vitamin A, yang perlu bayi dapatkan dari ASI. Sayuran juga merupakan sumber kalsium non susu, vitamin C, zat besi, antioksidan dan rendah kalori.
  • Sereal / bubur gandum

Sarapan sehat dengan sereal gandum mampu membantu memberikan energi yang dibutuhkan setelah malam-malam panjang bergadang menjaga bayi. Tambahkan susu rendah lemak dan buah-buahan ke dalam sereal anda untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian anda.
  • Air

Dehidrasi menurunkan tingkat energi seseorang secara drastic. Untuk menjaga tingkat energi Anda dan produksi ASI, pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik. Variasikan pilihan Anda dalam memenuhi kebutuhan cairan dengan minum jus dan susu, tapi hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh. Bila terpaksa, minum maksimum 2-3 cangkir saja. Kafein akan memasuki ASI anda dan bayi anda akan menjadi sulit tidur.

Jika sedang menyusui bayi, seorang ibu harus lebih memperhatikan apa yang terjadi di dalam dirinya. Makanan dan obat-obatan dapat masuk ke dalam ASI dan kemudian masuk ke dalam tubuh bayi Anda. Ini bisa menyebabkan banyak efek berbahaya bagi bayi. Khusus untuk makanan dan minuman yang harus dihindari saat menyusui, di antaranya:

1. Kopi
Minum kopi menyebabkan kafein yang ada di dalam kopi masuk ke dalam tubuh bayi. Bayi yang baru lahir tidak bisa menghilangkan kafein dari tubuhnya dan bisa membuatnya sulit tidur.

2. Bawang putih
Jika Anda sering makan bawang putih atau makanan yang mengandung bawang putih, rasa dari tanaman ini akan masuk ke dalam ASI. Jangan heran jika kemudian bayi menjauhkan diri dari menyusui.

3. Ikan tinggi merkuri
Ikan kaya akan asam lemak esensial dan protein. Namun, saat menyusui, Anda harus menghindari asupan ikan yang berlebihan karena ditakutkan mengandung merkuri. Ikan yang tinggi merkuri antara lain ikan todak, makarel, ikan air tawar, dan ikan tuna.

4. Makanan pedas
Rempah-rempah pedas dalam makanan juga dapat masuk ke ASI serta langsung masuk ke tubuh bayi. Rempah-rempah ini dapat mengganggu pencernaan bayi, penyebab iritasi lambung, masalah perut.

5. Produk turunan susu
Susu buatan mengandung protein dan kebanyakan bayi tidak dapat mencerna protein susu sapi. Ketika ibu makan keju, yogurt, dan produk susu lainnya, dapat membuat bayi sakit perut dan mengalami masalah gas.

6. Makanan berpengawet/pewarna
Zat-zat berbahaya yang sering digunakan pada makanan antara lain zat pewarna tekstil seperti rhodamin B, methanyl yellow yang berefek menyebabkan gangguan fungsi hati sampai kanker.  Hindari makanan yang berwarna terlalu mencolok. Zat pengawet berbahaya seperti formalin dan boraks banyak digunakan dalam bakso, mi, tahu. Pemanis buatan yang dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker kandung kemih.

7. Obat-obatan tertentu
Jangan minum obat selama masa menyusui, kecuali sudah dikonsultasikan dengan dokter.





Artikel yang Anda Cari:

0 komentar:

ARTIKEL TERPOPULER

Join here

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More